Website Palsu Atas Nama PeduliLindungi

Jakarta, PUBLIKASI – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) baru-baru ini menemukan website palsu dengan nama yang hampir sama, PeduliLindungia.

Kominfo meminta masyarkat berhati-hati. “Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apapun,” kata Juru Bicara Kementerian Kominfo, Kamis (9/9/2021).

Webite palsu itu mirip dengan yang resmi dari pemerintah. Perbedaannya adalah website PeduliLindungi yang asli dan resmi adalah menggunakan domain id, yakni PeduliLindungi.id dan aplikasi Peduli Lindungi, sementara website yang palsu memakai domain dot com. Selain itu, website palsu menambahkan huruf a di belakang menjadi pedulilindungia. .

Kominfo menekankan bahwa website PeduliLindungi yang resmi berdasarkan Keputusan Menteri Kominfo Nomor 171 Tahun 2020 adalah PeduliLindungi.id. Selain nama dan alamat itu, maka dipastikan website itu adalah palsu. Ditegaskan bahwa sertifikat vaksinasi Covid-19 hanya tersedia di website resmi dengan alamat https://pedulilindung.id/ atau di aplikasi Peduli Lindungi. *Ristia

Leave a Comment!