Dua Ledakan Besar Terjadi di Dekat Ibu Kota Ukraina

Jakarta, PUBLIKASI – Sebanyak dua ledakan terjadi di dekat ibu kota Ukraina, Kiev, pada Minggu (27/2) dini hari waktu setempat. Ledakan tersebut terjadi sekitar 30 kilometer di selatan Kiev, di sekitar Vasylkiv.

Vasylkiv memiliki lapangan terbang militer yang besar dan beberapa tangki bahan bakar. Daerah tersebut menjadi lokasi pertempuran sengit pada Jumat (25/2) malam waktu setempat.

INbu kota Kiev begitu sunyi dan terdengar sayup-sayup suara ledakan juga tembakan. Ia sempat menyebut diduga ledakan itu dekat bandara kedua di Kiev.

Presiden Rusia, Vladimir Putin sebelumnya telah memerintahkan operasi militer di wilayah Donbas yang terletak di timur Ukraina pada Kamis (24/2) sekitar pukul 06.00 waktu setempat.

Tak lama usai pernyataan Putin, sejumlah bunyi ledakan mulai terdengar di Ibu Kota Ukraina, Kiev, dan Kota Kharkiv. Serangkaian ledakan juga terdengar di Belgorod, Rusia, yang berbatasan dengan Ukraina.

Tiga hari berselang, situasi perang masih belum mendingin. Sejumlah fasilitas militer berhasil dikuasai oleh Rusia. Salah satunya ialah reaktor nuklir Chernobyl di Ukraina Utara yang merupakan salah satu lokasi bencana nuklir terparah di dunia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengumumkan setidaknya ada 137 prajurit Ukraina tewas dan 316 lainnya terluka akibat serangan itu. *Arya

Leave a Comment!