Memasuki Minggu Ketiga Ramadhan, Stasiun Gambir Masih Terpantau Sepi Pemudik

Jakarta, PUBLIKASI – Suasana Stasiun Gambir saat ini masih terlihat sepi pemudik, Senin (18/4). Diperkirakan mulai ramai pada tanggal 25-29 April 2022. Untuk saat ini suasana Stasiun Gambir lengang. Kursi tunggu yang disediakan masih banyak yang kosong.

Selain itu, kebanyakan dari mereka adalah pelaku perjalanan dalam negeri biasa yang hendak atau sudah melakukan liburan, bukan pemudik. Mereka ke Stasiun Gambir hanya untuk transit dan kembali melanjutkan perjalanan.

“Enggak mudik, habis liburan,” kata Rena, warga yang transit di Stasiun Gambir. Dari Sumatera, Rena akan melanjutkan perjalanan ke Surabaya.

Suasa itu kontras dengan Stasiun Pasar Senen. Stasiun itu mulai dipadati oleh para perantau yang akan pulang kampung meninggalkan Jakarta.

Pada pukul 10.00 WIB di Stasiun Senen, hampir semua kursi tunggu terisi oleh para pemudik. Rerata mereka membawa koper dan tas yang besar. Ada pula yang membawa sejumlah kardus untuk dibawa mudik.

Petugas Stasiun Gambir, Salurdin mengatakan stasiun memang sudah sepi sejak pagi hari. Ia berkata, euforia mudik belum terasa di Gambir.

“Dari tadi sepi, belum keliatan pemudik. Kalau Stasiun Senen biasanya yang udah rame,” kata dia, Senin (18/4).

Ia memprediksi, Stasiun Gambir mulai dipadati pemudik pada 25 April mendatang. Sebab, posko persiapan mudik saja baru dibuka tanggal 22 April atau H-10 sebelum lebaran.

“Kemungkinan ramai kira kira kapan ya. Tanggal 22 posko baru dibuka, tanggal 25 lah kayaknya mulai ramai,” ujarnya. *Arya

Leave a Comment!