Dua Politikus India Dihukum Setelah Hina Nabi Muhammad

Jakarta, PUBLIKASI ‐ Dua politikus dari Partai Bharatiya Janata (BJP) Nupur Sharma dan Naveen Kumar Jinal melontarkan kata-kata yang menghina Nabi Muhammad SAW. Sharma yang diduga menjabat sebagai juru bicara, sementara Jidal sebagai kepala operasi media.

Sharma mengeluarkan pernyataan di sebuah acara debat di televisi, sedangkan Jidal mencuitkannya di media sosial. Sharma mendapat sanksi berupa skorsing dari keanggotaan utama partai. Sejurus dengan itu, seperti dikutip dari Aljazeera, Jindal dikeluarkan dari partai.

Bentrokan terjadi di negara bagian India lantaran perilaku tersebut. Bahkan terjadi pula demonstrasi yang berisi pesan agar dua orang tersebut ditangkap. Kata-kata kedua orang itu juga telah menimbulkan kemarahan media sosial di negara-negara Arab yang mendorong boikot produk India, serta menilai India mengikuti jejak Prancis dan China dalam mendukung Islamofobia.

Negara-negara tetangga India, seperti Pakistan, Kuwait, Qatar, dan Arab Saudi menyuarakan kekecewaan atas pernyataan kontroversial tersebut. Organisasi Kerjasama Islam turut memberi kecaman keras atas nada penghinaan itu.

BJP sudah menyatakan mereka menghormati semua agama dan mencela penghinaan terhadap kepribadian agama apapun. BJP merupakan partai berkuasa di India dan merupakan partai asal Perdana Menteri Narendra Modi.
Sharma dan Jindal telah menyangkal melakukan penghinaan dan merasa sekadar menanggapi komentar-komentar yang muncul mengenai dewa-dewa Hindu. *Arya

Leave a Comment!