Cek Langsung Kondisi Teknis, Panglima Kolinlamil Inspeksi KRI Teluk Lampung-540 dan KRI Teluk Manado-537

Jakarta, PUBLIKASI – Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi melakukan inspeksi terhadap kapal perang jajaran Kolinlamil yang berpangkalan di Surabaya yaitu KRI Teluk Lampung-540 dan KRI Teluk Manado-537 yang tengah sandar di Dermaga Cepu Koarmada II, Ujung Surabaya, Rabu (20/7). Diawali dengan kunjungan ke KRI Teluk Lampung-540, Panglima Kolinlamil yang disambut oleh Letkol Laut (P) Rully Tri Anggoro selaku Komandan KRI langsung menuju bagian pokok dari operasional KRI yaitu bagian permesinan.

Panglima Kolinlamil banyak mendapatkan informasi tentang kondisi teknis KRI TLP-540 dari Komandan dan Kepala Departemen Mesin KRI yang secara umum dapat dinyatakan siap operasi. Selanjutnya Panglima Kolinlamil melanjutkan inspeksinya ke dapur, fasilitas akomodasi pasukan dan bagian-bagian KRI yang mempunyai peran penting dalam situasi kedaruratan diantaranya adalah kemudi darurat, sekoci penolong dan liferaft serta pengecekan peralatan yang digunakan dalam peran penyelamatan KRI dari bahaya kebakaran dan kebocoran.

Setelah mengetahui secara umum kondisi teknis KRI Teluk Lampung-540, Panglima Kolinlamil melanjutkan kunjungannya ke KRI Teluk Manado-537 dan disambut oleh Komandan KRI Teluk Manado-537 Mayor Laut (P) I Gde Oke Manuaba. Kegiatan Panglima Kolinlamil di KRI TMO-537 kurang lebih sama dengan di KRI TLP-540. Kepada kedua Komandan KRI kelas LST jenis Frosch tersebut, Panglima Kolinlamil menyampaikan pesannya agar selalu ‘aware’ dan ‘care’ pada bagian permesinan mengingat KRI yang mereka komandani tergolong tinggi jam operasinya serta memastikan seluruh peralatan penolong dari situasi darurat harus dalam kondisi siap digunakan setiap saat. Panglima Kolinlamil juga menekannya agar hal-hal kecil yang sekiranya berpotensi mengganggu operasional KRI agar perkesempatan pertama dilakukan perbaikan dan perawatan.

Di luar kondisi teknis KRI, Panglima Kolinlamil dengan tegas menyampaikan instruksinya kepada Komandan KRI TLP-540 dan KRI TMO-537 untuk membina anak buahnya dengan baik dengan melaksanakan jam komandan secara periodik dan sewaktu-waktu mengunjungi rumah anak buah agar dapat melihat langsung kondisinya sekaligus berinteraksi dengan keluarganya. Dan, yang tidak kalah pentingnya adalah memperhatikan kesejahteraan anak buahnya, sesuai dengan arahan dan penekanan dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

Di hadapan seluruh prajurit KRI TLP-540 dan KRI TMO-537, Panglima Kolinlamil dengan penuh semangat menyampaikan rasa bangganya kepada prajurit KRI atas dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini. “Saya bangga dan memberikan rasa hormat kepada kalian semua atas segala usaha yang telah ditunjukkan selama ini sehingga alutsista yang dipercayakan oleh negara kepada Kolinlamil dapat terjaga dengan baik.” tegas Panglima Kolinlamil.

Dengan inspeksi yang dilaksanakan oleh Panglima Kolinlamil, selain kesiapan teknis KRI terpelihara dengan baik moril dan loyalitas prajurit-pun meningkat karena adanya perhatian khusus dari Pemimpin. Dari kesemuanya itu, hal yang paling diharapkan adalah terwujudnya harapan dari Pemimpin TNI AL yaitu kesiapan dan kesiapsiagaan Sistem Senjata Armada Terpadu yang memiliki daya gerak dan daya gempur yang tinggi. (Andi RR)

Leave a Comment!