Bulan ini PM Jepang ke AS Bahas Perlawanan Pengaruh China

Tokyo, PUBLIKASI — Kantor berita Kyodo melaporkan Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga akan berkunjung ke Washington pada bulan ini. Kunjungannya itu dalam rangka bertemu dengan pemimpin Amerika Serikat (AS), Australia, dan India.

Kerja sama ini disebut the Quad itu dapat dianggap bagian penting perlawanan mereka terhadap China di Indo-Pasifik. Pada Rabu (8/9), Kyodo melaporkan selain rapat dengan anggota Quad tampaknya Suga akan juga menggelar pertemuan sampingan dengan Presiden AS Joe Biden.

Dalam laporan itu, Kyodo mengutip ‘sejumlah’ sumber pemerintah Jepang yang tidak disebutkan namanya. Pada bulan April lalu, Suga kepala negara pertama yang bertemu langsung dengan Biden.

Pada pertemuan itu ditekankan peran penting Jepang dalam upaya AS menahan gerakan agresif China. Masa jabatan Suga sebagai ketua partai berkuasa Liberal Democratic Party (LDP) yang menjadikan perdana menteri berakhir bulan September ini.

Ia tidak akan maju dalam pemilihan ketua partai LDP pada 29 September mendatang. Ketua partai berkuasa itu dijamin akan menjadi perdana menteri karena LDP memiliki suara mayoritas di parlemen.

Eks Menteri luar negeri Fumio Kishida dan mantan menteri dalam negeri Sanae Takaichi juga memberi sinyal maju dalam pemilihan tersebut. Takaichi diperkirakan segera mengumumkan pencalonannya dan bila menang, ia akan menjadi perdana menteri perempuan pertama Jepang. *ristia/sudin

Leave a Comment!