Walau Alot Rekapitulasi Suara KPU Medan Selesai Juga

Medan, PUBLIKASI — Proses rekapitulasi perhitungan suara Kota Medan akhirnya selesai. Perhitungan itu selesai setelah diberikan perpanjangan waktu selama dua hari.

“Hasil penghitungan rekapitulasi perolehan suara di KPU Kota Medan telah diselesaikan hari ini, tentunya dengan dinamika yang terjadi,” kata Ketua KPU Medan Mutia Atiqah, Selasa (12/3/2024), malam.

“Syukur Alhamdulillah sudah bisa diatasi walaupun masih ada beberapa syarat, D keberatan dan D kejadian khusus yang masih harus ditindaklanjuti pada saat pembacaan rekapitulasi perolehan suara KPU Kota Medan di tingkat provinsi,” lanjutnya.

Mutia menyebutkan bahwa rekapitulasi di tingkat Kota Medan sempat berlangsung alot lantaran ada beberapa faktor di antaranya tentang dugaan pergeseran suara. Kemudian ada juga soal permintaan hitung ulang suara yang membuat perhitungan rekapitulasi menjadi lambat.

“Yang membuat agak alot biasanya, karena adanya dugaan pergeseran suara dari internal partai antar caleg yang menimbulkan keberatan. Kemudian membuat laporan ke Bawaslu, kemudian ada saran perbaikan dari Bawaslu yang meminta agar hitung ulang dengan cara membuka C hasil atau plano,” ujar Mutia.

“Sehingga ini membutuhkan waktu karena bukan hanya satu 2 TPS yang dibuka C planonya tapi bisa satu kelurahan bahkan satu kecamatan, ini membutuhkan waktu ini merupakan faktor kenapa perhitungan rekapitulasi suara Kota Medan ini agak lambat,” sambungnya.

Berdasarkan data KPU Medan, total jumlah suara sah dan tidak sah suara di Medan sebanyak 1.259.463 suara dengan rincian jumlah suara sah sebanyak 1.246.480 suara dan 12.983 suara tak sah. Indra siregar/ristia

Leave a Comment!