Panglima TNI: Keberhasilan PON XX dan Penanganan Covid Jadi Kebanggaan

Jakarta, PUBLIKASI – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan, keberhasilan dalam penanganan Covid-19 dan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua akan menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Papua.

Karena itu, Hadi berpesan agar semua elemen jangan sampai lengah dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini dan selama penyelenggaraan PON di Tanah Papua.

“Keberhasilan dalam penanganan Covid-19 dan penyelenggaraan PON XX Tahun 2021 di Papua akan menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Papua,” tutur Hadi dalam keterangan persnya, Sabtu (28/8).

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI saat memimpin diskusi dan tatap muka bersama Forkopimda Kabupaten Mimika, di Ruang Rapat Hotel Rimba Papua di Mimika, Papua. Kegiatan itu dilaksanakan bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Panglima TNI mengatakan, Oktober mendatang Kabupaten Mimika akan menjadi salah satu tempat penyelenggaraan PON XX dengan beberapa cabang olahraga. Hadi menyatakan, dengan begitu sudah tentu hal tersebut harus dipersiapkan dengan matang, baik dari tempat, pendukung, dan penonton di lapangan.

Sosialisasi disiplin protokol kesehatan dan serbuan vaksinasi, lanjut Panglima TNI, tetap harus dilakukan dengan humanis. Hal tersebut juga harus dilakukan melalui pendekatan kearifan lokal, dengan mengajak tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat untuk menyampaikan kepada masyarakat.

Hadi mengatakan, saat ini disiplin protokol kesehatan telah sepatutnya menjadi sebuah kebutuhan penting karena hal tersebut adalah upaya pencegahan terbaik. Dia melihat dari data indikator di Kabupaten Mimika, kasus konfirmasi masih cukup tinggi.

Menurut dia, untuk menyukseskan PON XX, maka para pejabat di daerah tersebut juga harus menyiapkan kesehatan masyarakatnya. Dia memprediksi, masyarakat di Kabupaten Mimika juga menantikan untuk menyaksikan secara langsung pertandingan cabang-cabang olahraga yang digelar di sana.

Sebelumnya, Panglima TNI juga mengatakan, untuk mendukung kegiatan PON XX di Papua, semua elemen harus memiliki kesadaran yang tinggi dalam penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes). Dia menyatakan, TNI-Polri akan mendukung penuh segala persiapan dan pelaksanaan dari kegiatan tersebut. AKS

Leave a Comment!