Realisasi Program Unggulan BAZNAS Kabupaten Sukabumi

Sukabumi, PUBLIKASI – BAZNAS Kabupaten Sukabumi saat ini sedang gencar merealisasikan program-program unggulannya seperti program Sukabumi dengan pemberdayaan rutilahu bagi masyarakat yang membutuhkan.

Kepala Bidang Pendayagunaan dan Pendistribusian Baznas Kabupaten Sukabumi kamaludin mengatakan saat ini kami fokus pada program rutilahu rumah samsudin seorang pencipta lagu yang sempat viral, tetapi beliau mempunyai rumah yang tidak layak di huni. Samsudin siap berkontribusi dengan dakwah zakat lewat lagu-lagu reliji, maka kami dari Baznas akan memberikan apresiasi dengan membangun rumahnya mudah-mudahan dalam dua minggu ini kita bisa laksanakan ,terangnya. 2/9/2021.

Program rutilahu tersebut akan di bangun dengan kerjasama pentahelix antara Baznas bersama kodim 0607 kota sukabumi, karena ada pembicaraan kerjasama antar pimpinan dan kodim 0607 siap membantu 100 persen untuk kepentingan umat,ujar Kamaludin.

Kamaludin menambahkan kedepannya akan di bentuk warung(BAZNAS)ZIS dengan modal 7-10 juta yang tersebar di 47 kecamatan yang nantinya berfungsi sebagai agen bagi warung-warung terdekat untuk peningkatan aset dan omset,sebagai bentuk optimalisasi peningkatan zakat,infaq dan sedekah.

Sedangkan Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi H.Unang Sudarma menyatakan dalam rangka HUT Kabupaten Sukabumi ke-151 Baznas akan memberikan hadiah motor ke kecamatan pengumpul zakat terbanyak mencapai 100 juta ke atas yaitu kecamatan cikembar dan jampang tengah.

Sedangkan program yang kedua Baznas akan melaunching gerakan menghijaukan masyarakat yaitu dakwah zakat kepada petani,ada dua program yang di lakukan yaitu petani di lingkungan masjid sehingga DKM punya garapan walaupun dalam skala kecil misalnya pot,polibag dan program ini sudah berjalan di desa pasir halang kecamatan sukaraja dan berhasil.

Dari modal 5 juta para petani tersebut sudah menghasilkan 11 juta dari hasil panen serta alhamdulillah mereka bisa infaq ke Baznas,intinya ingin ada kemandirian bagi DKM dari segi finansial dengan cara bertani, ujar Unang.

Serta program lainnya yaitu program penanaman jagung pakan hibrida hasil kerjasama dengan konsorsium dan Baznas hadir dengan membantu peralatan.

Sehingga terjalin komitmen di antara 3 komponen ini yakni pengusaha,petani dan Baznas,pungkas Ketua Baznas Unang Sudarma.

Untuk launching program tersebut akan di rencanakan 8-9 september yang di resmikan Bupati Sukabumi. (Ucin)

Leave a Comment!